11 Pertanyaan Seputar Skabies

Skabies, sudah sejak 6 bulan yang lalu saya terkena penyakit tersebut dan Alhamdulillah, sembuh total.

Magrib tadi, seseorang menghubungi saya melalui BBM. Dan mengajukan pertanyaan seputar Skabies. Meski beliau belum bertanya, saya sudah tahu apa yang akan ditanyakannya. Pasti soal Obat. Ini karena saat saya mengalaminya dulu, saya juga bertanya demikian ke mbah google. Dari 2 halaman google, saya mendapat berita yang bagus yaitu obat yang paling baik untuk skabies.


Sebelumnya, saya jelaskan sedikit tentang penyakit ini.

Nama penyakit : Skabies
Penyebab : Tungau Skabies
Gejala : Bintik merah pada kulit, menyebar dengan cepat. Gatal dimalam hari dan reda pada siang hari.
Obat : Scabimite, Scabicid

Penyakit skabies disebabkan oleh tungau skabies. Kutu kecil yang cukup ganas menurut pribadi. Bukan karena apa yang ditimbulkan, tetapi dari bagaimana ia menyebar benih ke kulit kita dan sulitnya untuk dimatikan. Penyakit kulit ini tidak separah cacar air. Namun, jika cacar dapat sembuh hanya dalam satu dua minggum maka penyakit ini baru bisa sembuh total setelah "tidak tahu". Mengapa?. Ini karena, tungau yang bersembunyi didalam kulit masih mungkin untuk bertelur. Dan telur tersebut baru akan menetas setelah satu minggu. Jadi, bila ia tidak mati saat itu maka ada kemungkinan untuk penderita terjangkit lagi.

Awal mulanya, kutu ini menyebar melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui barang yang dipakainya. Misalnya handuk dan pakaian. Tungau tersebut kemudian akan menggali lubang di kulit. Jelas kita tidak mungkin melihatnya. Ini sangat kecil dan harus menggunakan mikroskop untuk dapat dilihat. Setelah itu, tungau jantan dan betina yang sudah kawin akan bercerai ^^. Yang betina akan masuk lubang kulit dan mulai bertelur disana sambil memakan kulit. Lalu yang jantan akan mati ditempat atau kadang masih hidup juga untuk beberapa waktu.

Mite Kutu skabies


Mite image by : Wikilimage in pixabay.

Jika anda melihat baik-baik. Bekas gigitan tungau tersebut berbentuk seperti terowongan memanjang setiap hari sekita satu cm. Jika digaruk, trowongan tersebut akan seperti kulit mati yang mudah sekali dikelupas. Terkadang, pada sela-sela jari, dan pada telapak tangan akan muncul bintik putih disertai cairan bening. Jangan digaruk!. Gatal sih, tapi diusahakan jangan. Jika benar-benar tidak tahan silahkan pakai air dingin untuk membuat "baal" bagian gatal tersebut, sehingga tidak terlalu gatal.

Nah, disaat ia bergerak dan memakan kulit, ternyata dia juga bertelur. Mungkin jika dihitung, telurnya bisa sampai 20 butir. Kan gak banget ya bro?. Kalau telur ayam mah enak, ini telur tungau dan banyak sekali?. 

Telur ini semuanya menetas pada waktu satu minggu. Kemudian dia akan naik lagi, dan mulai kawin. Setelah itu akan berkembang biak lebih banyak lagi. Jadi gimana dong?. Sabar.

Jadi begini, prinsip dari "obat" skabies yang ada diatas, adalah akan membuat si kutu menjadi immobile. Tidak dapat bergerak. Alias lumpuh. Dengan begitu, penyebarannya bisa dicegah. Lalu dengan telurnya, itu juga akan mati.

Mari kita mulai pertanyaannya.

1.Apa itu skabies?.

Penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu.

2.Apa Obatnya?.

Saya pribadi sembuh dengan scabimite.

3.Apakah obat tersebut menyebabkan alergi?

Tidak tahu, kebetulan ketika saya sembuh total. Entah kenapa saya jadi biduran. Itu adalah penyakit turunan dari ayah saya. Biasanya karena kedinginan tingkat tinggi pada kaki. Perhatikan juga sensitivitas kulit sobat, jika ternyata dipakai langsung merah dan makin panas, jangan diteruskan. Jika berlanjut, hubungi siapa? anda sudah tahu. 

4.Berapa harganya?

Harga obat skabies oles tersebut adalah Rp.40.000. Bisa didapat dengan mudah di toko obat/ apotek terdekat.

5. Jika tidak ada, selain scabimite apa lagi?

Ada scabicide. Saya tidak tahu harganya. Saya bukan tukang obat. Tapi coba cari di google, pasti ada. Mengenai keefektifannya, saya kurang tahu juga. 

6. Berapa lama sembuh dari skabies?.

Sabar ya pembaca yang budiman. Saya sembuh setelah 4 bulan berobat ke dokter tiap 2 minggu sekali, rutin plus konsumsi obat selama jangka waktu tersebut. Ada yang sembuh lebih cepat dan lambat. Tergantung kepada sang Khaliq, mau dikasih kapan sembuhnya. Tapi, jika kita yakin akan sembuh dalam satu minggu setelah pakai obat, Fa-InsyaAllah.. saya yakin 100% akan sembuh walau cuma sekali pakai.

7. Pemakaian obatnya gimana?

Mudah, silahkan baca keterangannya. Scabimite sendiri dipakai "hanya untuk satu kali dalam satu minggu". Jadi, jangan sampai dioles berkali kali. Kabar baiknya, saya sembuh dalam waktu satu minggu. Ya, kurang lebih segitu. Btw, Untuk dapat obatnya saja saya harus berjalan kaki jauh sekali. Sampai lecet kaki saya, tapi alhamdulillah semuanya tidak sia-sia. Sekali pakai pada malam hari, pagi mandi bersih. Lalu dari hari ke hari saya lihat bintik itu mulai memerah, kemudian menghitam. Sembuh.

8.Kok saya tidak sembuh juga padahal sudah pakai berkali-kali?

Jangan begitu sobat, otak kita berperan sangat penting disini. Kalau kita sudah bilang "tidak". Ya Allah akan bilang "tidak". Karena IA sesuai dengan hati hambanya. So, jangan menyerah dulu dan jangan berkata tidak. Yakin saja kalau pakai pasti sembuh. Libatkan Yang Maha Menyembuhkan selama proses pengobatan, semoga lekas diberi kesembuhan. Amin

9. Apa tindakan yang harus dilakukan jika terkena?

- Cuci bersih semua pakaian yang kotor dengan bahan kimia (detergent). Rendam air panas jika perlu. Kutu akan mati dalam suhu tinggi. Tapi suka dengan suhu hangat (badan manusia).
- Jangan pinjam barang apapun dari teman yang terkena. Juga jangan meminjamkan.
- Hindari menggaruk. PERCAYALAH. Semakin digaruk, makin banyak, makin tambah parah dan tidak sembuh. So, jangan lakukan, titik.
- Obati semua keluarga, kalau anda kena, pasti salah satu keluarga juga kena. Ngaku aja deh. Karena semua orang dirumah saya pada kena. Semuanya berobat. Mungkin habis satu juta lebih itu. Makanya mencegah lebih baik. 
- Jemur kasur dan sprei. Tempat paling nyaman bagi kutu adalah itu. Kalau dikenakan sinar matahari, pasti cepat mati. Udara lembab akan menyebabkan bakteri dan kuman makin menjamur. Dengan menjemurnya, semua lenyap.

10. Lho, kok jangan digaruk?

Iya, soalnya itu dari kulit nempel di kuku. Lalu dari kuku terus digaruk lagi, nempel dikulit lain. Yang tersisa dikuku akhirnya membuat tangan anda terserang, terakhir anda juga mulai garuk kaki. Nanti selah kaki juga kena. Terakhir sekali, semuanya kena. Saya sendiri, maap nih, barang aja kena. Jadi berhenti menggaruk!.

11. Sudah ya, semoga cepat sembuh. Amin

Saya sungguh kasihan kepada siapapun anda. Begitu dapat BBM, saya langsung balas karena saya tahu betapa gatalnya itu. Mengeluh itu pasti ada. Dan anda yang mengaku beriman, saya kurang percaya jika dikasih skabies terus anda tidak keluar sepatah kata pun tentangnya. Sumpah, itu sangat gatal. Bahkan saya dibuat tidak bisa tidur hampir tiap malam. Akhirnya minum obat alergi, CTM. Supaya ngantuk berat dan tertidur. Habis benar-benar tidak tahan!.

Meskipun saya terpisah dari anda, tidak bisa langsung tatap muka. Saya bisa merasakan betapa anda butuh informasi. Maka dari itu saya langsung buatkan lagi satu artikel tentang skabies ini. Andai saya adalah dokter, saya akan berikan informasi yang lebih terperinci lagi. Semoga artikel sederhana ini bisa membantu sobat supaya bisa bersemangat, tidak putus asa hanya karena masalah kecil ini. Ingat, diluar sana ada ujian penyakit yang lebih besar. Yaitu kematian. Ia tidak bisa maju dan mundur. Kapan saja disekitar kita. Ingatlah Allah, libatkan IA dalam setiap doa, mohon pada-Nya supaya dicepatkan sembuh. Besar harapan saya untuk melihat hari-hari anda bisa berjalan seperti biasanya. Semoga lekas sembuh. Amin

anda mungkin masih butuh informasi serupa :

Subscribe to receive free email updates:

87 Responses to "11 Pertanyaan Seputar Skabies"

  1. Sereeem Mas. Justru bagian yang paling nikmat, ya itu pada saat kita menggaruk.. Tapi saya kalau ada biang keringat, biasanya saya pakai panas api dari obat nyamuk bakar, rasanya MAKNYUS.

    BalasHapus
  2. wah berarti main debus dong?. Hmm saat menggaruk, sebenernya kita sedang menggali lubang yang lebih besar. Karena kulit jadi sobek dan otomatis itu jadi sarang si kutu.

    BalasHapus
  3. Mas saya mau tanya, scabimite nya di olesi ke seluruh badan kan? Kalo di olesi ke muka ga papa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk apa mas, asal jgn kena mata dan mulut

      Hapus
  4. Iya, diseluruh badan. Tapi kalau untuk muka biasanya jarang kena mas jadi nggak harus dioles ke muka. Cukup di leher dan telinga aja. Kecuali kalau di muka ternyata kena juga, silakan diolesi.

    BalasHapus
  5. Mau sedikit berbagi pengalaman juga, disela waktu 1 minggu pemakaian scabimite. saya biasa oles pakai minyak tawon '912' (saya belinya di indomaret atau ceria mar)t, area yang bentol dan gatal. Jadi hilang gatal dan bentolnya, tapi ga tahu si kutu mati atau tidak. Minimal jadi bantu penyembuhan kalau menurut saya. Semoga kita semua diberi kesehatan selalu. Aamiin..

    BalasHapus
  6. Saya mau tanya, kemarin malam saya baru pakai obat scabimite tapi kok masih ada benjolan-bebjolannya gitu ya? Apa memang seperti itu. Dan biasanya berapa lama sampai sudah tidak ada benjolan tsb? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lama baru bisa balas, Iya, benjolan itu akan terus ada sampai warnanya mulai berubah menjadi merah. Nanti disitu mulai menghitam dan lama-lama kempes.

      Hapus
    2. Jika bentolan sudah berwarna merah terang tapi masih sedikit sekali gatal. Apakah berarti masi ada kutu di kulit kita? Dari merah terang sampai hitam berapa hari kira kira? Terima kasih

      Hapus
  7. Kemarin malam saya juga pakai scabimite Alhamdulillah lebih membaik pagi ini tapi apa memang setelah pemakaian masih terlihat benjolannya gitu ya? Butuh berapa lama untuk benjolan ini hilang? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan sudah dijawab ya mbak.. ^^ Sekali oles, tunggu sampai seminggu. Nanti hilang sendiri.

      Hapus
  8. Mas saya mau tanya klo udah satu mingu masih aja bentolannya. Obatnya diolesi lagi nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di olesin lagi mbak sampai sembuh.

      Hapus
  9. Mas klo udah satu minggu diolesi obatnya tapi bentolannya masih ada. Diulangi atau nggak obatnya?

    BalasHapus
  10. Mas kenapa ya saya ko kalo makan ayam atau ikan suka kambuh lg benjolan nya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah bukan kambuh.. coba jangan makan ayam atau ikan. Kalau itu bisa jadi alergi. Konsultasikan ke dokter.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  11. D bgian kelamin di oles boleh gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh lah gan.. kalo ga diolesin tar agan nge-gitar terus tiap malem hehe.

      Hapus
  12. Mas saya mau tanya sehabis menggosok obatnya ko ada rasa gatal pada tubuh kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan, baca dulu itu obat scabimitenya. Bisa jadi anda alergi.. liat indikasi, kontra indikasi, efek samping dll. Udah ke dokter belum?. Saya sangat tidak menganjurkan anda langsung beli tanpa konsultasi dulu ke dokter.

      Hapus
  13. Mas di olesi nya harus ke seluruh tubuh atau pada bagian yg terinfeksi saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke seluruh tubuh. Memang sih,cuma sedikit, tapi bisa kok dioles semuanya asalkan rata aja.

      Hapus
  14. Mantap nih kang informasinya,,

    BalasHapus
  15. Mantap kang informasinya,, sungguh sangat berguna,, hehe

    BalasHapus
  16. Mas saya udah terlanjut dipakai utk wajah juga, apakah ada efek sampingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya beda-beda ya mas tiap kulit. Cuman kalo saya sendir waktu itu tidak ada efek apa2.

      Hapus
  17. Kalo dengAn mandi air panas pegunungan sembuh ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas insya Allah soalnya kutunya mati kalo kena panas tinggi dan belerang.

      Hapus
  18. Mau tanya. Setelah pemakaian scabimite tsb. Apa yg harus dilakukan dlm seminggu. Apa minum antihastimine apa pakai salep gatal" atau di biarkan saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pribadi nggak pake apa-apa selain scabimite dan alhamdulillah sembuh total. Ya kurang lebih 2 minggu sampai benar-benar kering.

      Hapus
    2. Izin share pak Ary. Disela seminggu, saya biasa gunakan "minyak tawon 912" (biasa beli di ceriamart atau indomart, sekitar 15rb/btl kecil) ampuh ngilangin gatalnya, dan dirasa ngebantu bunuh sisa2 telurnya jg. Sabar ya temen2, semoga lekas sembuh.

      Hapus
    3. Silakan, saya tidak tahu minyak apa itu?. Mungkin pak Amrullah bisa menjelaskan lebih detil di blog ini atau di blog pak Amrullah. Tetapi saya pribadi alhamdulillah sembuh hanya dengan scabimite.

      Hapus
    4. Terimakasih kesempatannya pak.. Sejenis minyak tawon, bedanya dengan minyak tawon kebanyakan, yg ini ada kandungan sereh. Mungkin karena salah penanganan, saya menderita scabies cukup lama..., jadi selain scabimite yang saya pakai setiap seminggu 1x, saya seperti mencari obat pereda gatal tambahan disela 1 minggu itu. Dan cocok lah dengan minyak tawon tsb. Sekedar bagi pengalaman pribadi saya pak, yang ngerasain nikmatnya kena scabies, penyakit "istimewa" dari penyakit lain karena menyerang psikologi juga. Hahaaa.. semangat buat temen2, semua penyakit Insyaallah bisa sembuh. Berusaha dan terus berdoa.

      Hapus
    5. Ya ampun googling2 ketemunya disini.
      Anak saya umur setahun kena scabies blm bisa dikontrol garukannya. Udah saya oles scabimite, paginya udah mulai keliatan efeknya agak kering2. Tapi gatalnya blm hilang dan timbul ruam. Di petunjuknya sih emang disebut kemungkinan timbul ruam, jd saya ga khawatir. Tapi kasihan liat dia masih garuk2 gatal tiap malam sampai lecet2. Saya malah takut infeksi dan borok d kepala. Mau nanya mas, kalo minyak tawon itu dioleskan d lukanya apa tidak apa2?

      Hapus
    6. Oh ya mas, mau nanya lagi. Indikasinya ke arah sembuh tuh gmn ya? Apa kering2 gtu? Atau gmn mas bekas gatalnya? Trs kalo belum waktu seminggu itu timbul bintik air baru d sela jari, salepnya di oles lagi atau nunggu seminggu dr waktu pertama oles mas? Trimakasih sebelumnya, maaf byk tanya.. Hehe

      Hapus
    7. Tanda2 akan sembuhnya adalah gatal mulai berkurang, bintik2 menjadi berwarna merah matang dan lama-lama menghitam. Untuk menghilangkan bekas lukanya saya tidak pakai apa2 tetapi kalau pengen lebih cepat hilang bekas lukanya bisa pakai vitagel bu. Harga 136 K.

      Hapus
    8. Akhirnya anak saya sembuh mas setelah 2x pemakaian scabimite (jeda 1minggu). Dan untuk mengurangi gatal saya coba berbagai cara, mengoleskan minyak tawon spt saran mas amrul d atas, hasilnya luka cepat kering tp gatal belum hilang. Kemudian lain hari saya oles caladine lotion, gatal berkurang tp luka tidak cepat kering. Jd saya mix. Kalau habis mandi pagi saya oles minyak tawon, kemudian malamnya sebelum tidur saya oles caladine lotion. Alhamdulillah sembuh... Sekarang tinggal menghilangkan bekas luka yg menghitam dan nggak mulus itu saya oles pakai virgin olive oil (yg untuk diminum bukan untuk pijat atau memasak). Alhamdulillah hasilnya sehari langsung keliatan. Bekas luka garukan d wajah langsung hilang. Dan yg di badan berangsur pulih. Oh ya, selama masa pengobatan ini saya memakai lactasid for baby untuk memandikan anak saya (dituang ke airnya dan juga dipakai layaknya sabun dan sampo bayi). Saya hentikan dulu pemakaian sabun bayi, terutama sabun cair karena kata dokter sabun cair mengandung bahan lilin yg membuat kulit justru semakin gatal.
      Sekian sharing dari saya.. Semoga bisa membantu orang tua lain yg anak balitanya kena scabies karena penanganannya lebih merepotkan. Kuncinya harus sabar dan telaten. Terimakasih :)

      Hapus
  19. Saya sedang terkena penyakit ini. Saya ingin tanya beberapa.
    1. Apa yg harus di lakukan dalam 1minggu stlh pemakaian scabimite. Apa minum antihistamin/ pakai salep gatal(88)/ dibiarkan saja.
    2. Apa boleh pakai di kemaluan?(pria)
    3. Bagaimana cara mandi agar ampuh? Apa boleh pakai air PK hangat + sabun ASEPSO?

    Saya sangat menunggu jawaban nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewaktu saya priksa ke dokter dan di diagnosa kena skabies saya sebenernya disuruh beli salep scabimite ini tapi ditempat praktik dokter tersebut. Karena males kudu bolak balik saya beli sendiri diapotek 2 pcs (total sampai sembuh). Scabimite boleh dipakai dikemaluan. Obat oral tidak begitu mempan melawan kutu ini. PK dan Asepso bukan solusi nyata untuk kutu ini. Saya cuma pake Scabimite dan doa. Itu saja. Semoga lekas sembuh gan.. saya ngerti rasanya kena scabies.. hope u get well soon.

      Hapus
  20. Terimakasih sekali infonya...saya tidak tau apa yg saya alami namun setelah membaca info ini sepertinya saya terserang skabies..gatal berpusat pada skrotum testis dan sekitarnya...saya selama ini memberi obat anti bakteri namun tidak memberi hasil yg diharapkan..semoga dengan mencoba vream tersebut saya bisa sembuh..gatalnya sangat super super menyiksa..kalau digaruk sangat nikmat namun bentol bisa jadi berrambah jd jangn digaruk..sekali lagi thanks infonya ;)

    BalasHapus
  21. Terimakasih banyak info nyaa saya sangat bersyukur mampir ke blog ini...saya tidak tau apa yg saya alami namun setelah membaca ini sepertinya sayang terjangkit scabies ... Sudah sekitar 1,5 bulan saya menderita gatal ini..sebelumnya saya mengobati dengan anti bakteri namun tiada hasil memuaskan..skrg saya ingin mecoba menggunakan cream tersebut..terutama pada skrotum testis saya amat sangat super duper gatal sekali dan sangat nikmat jika di garuk..namun dapat menimbul kan bentol yg baru..jd jangan digaruk..sekli lagi terimakasih atas infonya min 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, mudah2 an cepat sembuh ya.

      Hapus
  22. Manteb gan blog'nya, tadinya ane jg hampir putus asa soalnya capek kalo malem ngegitar terus...
    Hehehehe...
    Kalo ane boleh tambahin saran, dalam proses pengobatan setelah pake salep scabimite seluruh badan (dari ujung kepala sampe ujung kaki) pada malam hari terus pada pagi hari dibilas sampe bersih kalo bisa pake cairan antiseptik seperti dettol...
    Nah, setelah itu rutin berjemur diri pagi hari kurang lebih 1 jam gan...
    Ane aja setiap pagi semedi di teras rumah sambil ngegelar "senjata pamungkas" ane yg kena scabies biar kejemur n kena sinar matahari pagi, soalnya kutu scabies ga tahan kalo kena sinar matahari langsung apalg sinar matahari pagi tuh bagus bgt buat kulit gan...
    Hehehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sendiri oleh dokter tidak diperbolehkan memakai sabun cair merk tersebut, karena keras untuk kulit. jadi pakainya sabun untuk bayi.

      Hapus
  23. Permisi gan.. saya mau tanya sya terkena scabies gan. Gatel nya bukan main..kuutu scabies bisa gak keluar dari kulit kita dan hidup di lantai. Atau sekitar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul. Mereka mampu berpindah tempat dengan sangat mudah, hanya sekali tempel. Dibantal, kasur dan bahkan baju yang kita pakai, makanya harus direndam dengan air panas.

      Hapus
  24. Kakak saya dan Saya juga kena nih gan, kakak saya udah periksa ke dokter kulit dan dikasih obat scabimite, tapi kata dokternya kog diolesin 3jam sekali atau 3x sehari ? Mohin infonya gan..
    Saya sendiri udah pakai scabimite 2 hari lalu dan kog masih ada benjolan merah gan dan kadang keluar air di "situ" saya..apa itu mau sembuh ? Saya cowok gan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri bukan dokter. Tapi hanya berdasarkan pengalaman teman2 yang ada, mereka rata2 memakai hanya satu kali pada malam hari dan dibilas pada pagi hari. Lalu tunggu sampai 3 harian jika masih sangat gatal dioles kembali keseluruh tubuh dari kulit kepala sampai kulit kaki. Alhamdulillah kami sembuh dengan cara pemakaian seperti itu. Kalau dokternya menyuruh 3 jam sekali maka lakukan saja, karena dokter lebih tau kondisi pasien. thx gan udah mampir.

      Hapus
  25. Klo dipakai berulang2 styp 12jam gmn? Apa justru mmpengaruhi lambatny proses pnyembuhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa apa sih.. tapi yang perlu diperhatikan itu adalah cara mengolesnya harus rata. Jadi kalo ada totol2 itu harus kena juga. Kalo ga rata nanti ga mati kutunya.

      Hapus
  26. Kalau misalnya sebelum gatal2 panas dinin dulu terus demam .. itu kira2 penyakit gatal2 apa yah . Mohon infonya kang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panas dingin dulu biasanya bukan karena kutu gan.. bisa jadi itu campak/rubella. atau cacar.

      Hapus
  27. Terima kasih banyak article di blog ini sangat memberi semangat baru untuk sembuh, setidaknya saya tidak merasa sendiri.
    Saya terkena scabies ini awalnya tertular dari anak saya, benar2 menyiksa. Bagian terberat nya adalah merendam sprei dan pakaian dengan air panas, karena proses mencuci jadi lebih lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas.. saya share kerna ingin orang lain juga minimal sabar dalam menghadapi penyakit ini. Karena saya sendiri nggak sabar dan sempat mengumpat kepada Allah. Semoga sembuh mas..

      Hapus
  28. terimakasih yg telah memmbuat artikel ini saya yakin sangat bermanfaat. bulan maret yg lalu sayapun pernah terkna penyakit ini hampir tiap hari dulu minum dextamitashone dan sejenisnya tp itu ternyata hanya mengurangi rasa gatalnya. saya googling ketemulah nama obat SCABIMETH selang beberapa minggu kedokter ternyata dokterpun menganjurkan memkai itu dan didampingi salep mengandung sulfur belerang dan obat vit c, sy pakai seminggu sekali obat scabimethnya dan obat lainnya setiap hari sampe hbs, alhamdulillah skrg berangsur sembuh dan jarang gatal. Saran saya yg skrg msh kena penyakit itu tetep smgt yakin bahwa Allah menimpakan penyakit pasti ada obatnya, pasti sembuh, diambil hikmahnya ajah biar skrg tambah menjaga pola hidup yg bersih dan lnh perduli dengan kesehatan. Do'anya diperkuat, saya disini msh berjuang menghilangkan bekasnya yg ada di area paha selangkangan dan pantat. msh berusaha mencari informasi salep apa yg tepat untuk menghilangkannya meskipun kata dokter didiamkan saja lambat laun bisa hilang sendiri tp itu lama, sedangkan sy perempuan jd lumayan risih kalo kulitnya korengan hehehhe. bagi yg sudah hilang bekasnya mohon berbagi saran ya gan....mari berdoa bersama kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan tidak akan terkena lagi penyakit gatal apapun itu, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah menambah informasi. InsyaAllah mudah2an cocok dengan salep ini.

      Hapus
  29. Mas selangkangan saya sudah hampir 2 bulan juga gatal sekali tetapi tidak saya obati saya kira hanya gatal biasa dan gatalnya ketika malam hari, apakah itu juga scabies ?? Tetapi keluarga saya tidak ada yg tertular itu mas ??
    Dan perbedaan gatal karna jamur sama scabies itu gimana mas ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Yunus, saya kebtulan punya sabun anti bacteri yang bagus sekali untuk membunuh kuman dan bakteri. Harganya memang murah, Rp.46.000. Kalau mau tau sabunnya seperti apa nanti hubungi aja saya di WA 08977127391 atau di 085691423958. Alhamdulilah jerawat dan jamur di selangkangan saya sudah tidak pernah ada lagi sejak pakai sabun itu.

      Hapus
  30. Kalau setelah pakai scabimite terus diselsngi dengan salep 88 boleh tidak ?

    BalasHapus
  31. Hampir 2 bulan saya mengidap penyakit ini satu keluarga, akhir2 ini saya tidak bisa tidur karena disela-sela badan saya Terasa digigit serangga, rasanya seperti digigit semut dan Timbul dimalam hari. Padahal saya Sundah minum obatttt tidur tapi tetap saja Terasa gatalnya, apa itu scabies juga? (Ary setyobudi) mohon dijawab😂 thx. One again, apaa saja efek memakai scabimith -merci-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati gan, jangan sembarangan minum obat apalagi jika tanpa resep dokter. Jika ciri-cirinya seperti yang sudah saya sebutkan, yakni gatal luar binasa dimalam hari rasanya seperti digigit kutu dan lesi atau luka dari gigitan itu keras dan lama sembuh, bisa jadi itu memang scabies. Baiknya diperiksakan ke dokter.

      Hapus
  32. Mau tanya gan, apakah ada obat scabies dari dalam ? Kalau obat denature itu bisa sembuhkan scabies gak gan ? Maaf sebut merk hehe mohon sharing infonya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau ya gan, tapi sewaktu itu saya minum obat oral sampai berbulan bulan lamanya tapi memang hasilnya nihil. Gatal iya. makanya saya coba pakai salep itu dan hasilnya alhamdulillah. Kemarin keluarga keponakan saya juga kena semua, dan pakai scabimite alhamdulilah sembuh total

      Hapus
    2. Saya kurang tau ya gan, tapi sewaktu itu saya minum obat oral sampai berbulan bulan lamanya tapi memang hasilnya nihil. Gatal iya. makanya saya coba pakai salep itu dan hasilnya alhamdulillah. Kemarin keluarga keponakan saya juga kena semua, dan pakai scabimite alhamdulilah sembuh total

      Hapus
  33. mas , saya mau tanya obat ini bisa untuk penyakit panu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panu itu penyababnya jamur gan, kalo ini penyebabnya kutu. Jadi ga bisa.

      Hapus
  34. Mas mau tanya, kalau semisal yang kena juga di kepala bagian rambut itu bagaimana untuk penggunaan salepnya ya? Sklian mau tanya soal sabun yg mujarab tadi apa ya mas?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk rambut penggunaannya dikulit kepala yang habis digaruk aja mas. Untuk sabunnya bisa chat langsung di HP yg sudah sy sediakan.

      Hapus
  35. Jika gatal tsb terjadi di bagian kepala (rambut) bagaimana untuk penggunaaan salepnya mas? Dan tlg dikasih tau juga untuk sabun yg mujarab tadi dong mas. Hehehe
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  36. Trimakasih mas ary yang telah mmbuat blog ini. Blog ini sangat membantu dan membuat saya jadi percaya diri kalo penyakit saya bakalan sembuh dengan cepat. Amin

    Tpi mas saya mau tanya saya mnderita gatal" kurang lebih 1 set minggu... Saya tdi mlm priksa ke dokter . Dan saya juga di beri saleb scabmite dari doter...
    Tpi mas dokter mnganjur kan untuk memakai saleb tersebut setiap malam hari sehabis sholat isak di bagian kulit yang terasa gatal saja. Dan di biar kan sampai 8jam atau lebih. Dan di bersih kan pada ke esok an hari nya

    Dan pertanya an saya
    Apakah itu gpp mas. Padahal di obat secabmite di anjur Kan sekali pakai dan di oles kan ke seluruh tubuh...
    Dan cara paling evektif untuk menggunakan obat scabmite itu gimana mas ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan aja mas diikutin saran dari dokter. Kalau melihat dari brosur memang cara pakainya begitu.

      Hapus
  37. Mau tanya lagi gan, bekas scabies saya kog jadi seperti kulitnya menebal dan kadang2 masih terasa gatal ? Gmana menurut pengalaman agan ? Jual savun untuk scabies gan ?

    BalasHapus
  38. terima kasih mas ary. saya udah pernah check ke dokter dan di kasih obat tp bukan scabmite. ya saya sembuh. tp sekarang anak saya bintik merah se badan sampe muka. dan telapak tangannya sampe tebel ngelupas gitu. dan istri ane garukan mulu tiap malem. eh ane bintik bintik gatel lagi. malam ini keluarga ane coba pake scabmite. dan rasanya tambah gatel kayak ada serangga jalan. mohon info tambahan obat lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat oral hanya untuk penghilang rasa sakit saja dan pencegah infeksi dari bakteri. Kalau salepnya bekerja menonaktifkan si kutu. Kalau masih ada kutunya ya akan tetap menyerang lagi.. lagi dan lagi. Obat lainnya.. saya memutuskan untuk sembuh dengan salep ini saja mas.

      Hapus
  39. Scabies yang saat ini menyerang anak saya,orang dewasa aja ngrasain gatal yg luar biasa sampe gak bisa tidur!!!gimana dengan anak saya yg baru usia 11 bulan?sangat sedih banget ngrasain sakitnya yg gak sembuh2,sedih ngliatnya. .
    udah 2x berobat di dokter kulit belum sembuh jg��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara saya juga mengalaminya.. anaknya nggak bisa tidur. Sekarang pulih total dari scabies.

      Hapus
  40. hampir 6 bulan saya kena scabies juga.. sumpah rasanya, emosi jadi labil sering marah2 sendiri, stengah stres mungkin bisa dibilang gitu, berbagai macam obat oral ane minum dan hasilnya badan ane yg jadi melar.. gatelnya skrg mlah rata satu badan.. T_T ntar malem mau nyoba pake scabimite smoga bisa sembuh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sabar ya.. semua pernah mengalami. Mudah-mudahan lekas sembuh.

      Hapus
  41. Efek samping setelah menggunakan salep scabimite itu memang gatal ya?Soalnya ane kog gatel gitu

    Mohon Responnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas memang seperti itu.. kalau gatalnya makin parah setelah penggunaan salep dan berhenti setelah tidak digunakan berarti kemungkinan ada alergi.

      Hapus
  42. Mas saya mau nanya jika kita terkena scabies terus beraktivitas bareng orang lain kaya kuliah gitu di bolehkan?

    BalasHapus
  43. Selamat malam ..sy jg terjangkit kutu scabies..sudah hampir tiga bulan ,pertama sy kira hanya kutu air soalna di mulai satu bintik kecil di jari tangan sy garuk dan mengeluarkan cairan bening.besok nya sy pake salep kutu air.alhasil malah tambah banyak,selama selang tiga bulan sejumlah anggota keluarga yang lain jg ikut kena,karena kurang nya Informa si proses penularan jadi cepat menjalar..baru malam ini sy coba cream scibimite..mudah mudahan manjur sesuai testimoni yang lain...Amien..

    BalasHapus
  44. Menyiksa kaya org pesakitan ..Pa lagi sy kerja hrus berhubungan dengan org banyak.mengurangi rasa percaya dirinya dengan kondisi seperti ini..mudah mudahan hasilnya sesuai dengan testimoni yang lain ...amien

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.